Program Pengembangan Pelayanan Terpadu Satu Pintu di Kabupaten Bekasi

Berita Menarik – Melly-Iik pasangan calon Bupati dan Wakil Bupati Kab.Bekasi 2017-2022 akan mendorong peningkatan kinerja Pelayanan Terpadu Satu Pintu (PTSP) guna mendukung perekonomian di Kabupaten Bekasi.

Pelayanan Terpadu Satu Pintu Kabupaten Bekasi

Menyandang status kawasan usaha industri terbesar di Asia Tenggara, Kabupaten Bekasi memiliki peranan penting sebagai kawasan pertumbuhan ekonomi nasional. Agar ekonomi dapat bertumbuh, maka Pemerintah Kabupaten Bekasi harus menciptakan iklim bisnis yang suportif dan nyaman. Menurut Bank Dunia, perizinan merupakan salah satu komponen penting dalam menentukan kesuksesan suatu negara dalam membuka kesempatan usaha di setiap daerahnya.

Bagi pasangan calon Bupati dan wakil Bupati Bekasi 2017-2022 dengan nomr urut 1 (satu) di Pilkada 20117 Melly-Iik akan turut serta bersinergi dengan pemerintah pusat untuk meningkatkan ranking Indonesia dalam skala Kemudahan Berbisnis (Ease of Doing Business). Ranking EODB menjadi indikasi kemampuan Indonesia dalam mendukung perkembangan dunia usaha.

Maka, Melly-Iik akan terus mendorong peningkatan kinerja Pelayanan Terpadu Satu Pintu (PTSP) guna mendukung perekonomian Kabupaten Bekasi, agar secara keseluruhan Indonesia khususnya Kabupaten Bekasi juga dapat menjadi daerah yang kompetitif di kawasan Asia Tenggara dan berdaya saing global.

Bagi pasangan calon Bupati dan Wakil Bupati Kab.Bekasi degan nomor urut 1 (satu) Meilina Kartika dan Abdul Kholik bertekad untuk menghadirkan Pelayanan Terpadu Satu Pintu (PTSP) sebagai solusi utama dalam mempermudah dan mempercepat segala proses perizinan. Berbagai inovasi yang akan dikembangkan nantinya dalam program pelayanan ini seperti Antar Jemput Izin Bermotor (AJIB) dan simplifikasi izin usaha yang akan diwujudkan kelak saat mereka terpilih. Kedepannya, Melly-Iik  akan terus kreatif mengembangkan sistem pelayanan ini agar masyarakat Kabupaten Bekasi dapat terus memiliki akses pembuatan izin yang mudah dan cepat.

MELLY-IIK AKAN MELAKUKAN :

Melly-Iik akan menciptakan aplikasi berbasis IT dan Database Izin Terpadu yang terintegrasi agar seluruh perizinan dapat dilakukan secara online. Integrasi memastikan adanya kesamaan data, dan hal ini memudahkan warga maupun pegawai Pelayanan Terpadu Satu Pintu (PTSP) di kabupaten Bekasi. Dengan adanya teknologi, warga juga dapat mengurus izin dimanapun dan kapanpun, tanpa mengganggu aktivitas mereka.

Melly-Iik akan menjadikan Pelayananan Terpadu Satu Pintu (PTSP) sebagai pusat kepengurusan izin di Kabupaten Bekasi yang bersih, transparan, dan profesional dengan menyederhanakan proses pengurusan perizinan. Karena sekarang ini masih banyak warga Kabupaten Bekasi yang memakai jasa calo atau perantara karena mengurus izin dianggap sulit dan memakan waktu. Melly-Iik akan terus konsisten dan memastikan bahwa Pemerintah Kabupaten Bekasi di bawah kepemimpinanya kelak nanti dapat melayani warga dengan baik, sehingga warga tidak akan lagi memerlukan rantai perantara. Melly-Iik akan meminimalisir kesulitan warga yang akan mengurus izin melalui berbagai inovasi baru, seperti penerbitan beberapa izin secara simultan.

Melakukan simplifikasi izin usaha. Melly-Iik akan mempermudah perolehan izin usaha di Kabupaten Bekasi dengan  target waktu yang tidak terlalu lama dari program ini nantinya, para pengusaha yang akan menjalan usahanya di Kabupaten Bekasi dapat memperoleh izin usahanya hanya dalam kurun waktu sekitar sebulan.

Baca : Program MENARIK Untuk Reformasi Birokrasi di Kabupaten Bekasi

Melly-Iik akan menciptakan Antar Jemput Izin Bermotor (AJIB) yang dapat diakses warga secara gratis. Kinerja Pelayanan Terpadu Satu Pintu (PTSP) nantinya akan didukung oleh kru Antar Jembut Izin Bermotor (AJIB) yang secara khusus natinya akan bertugas mengantar atau menjemput berkas-berkas milik pemohon. Mereka bekerja secara profesional di bawah pengawasan PTSP melalui kamera yang terpasang di jaket kru AJIB.

Baca : Program Pengembangan Infrastruktur Teknologi Komunikasi di Kabupaten Bekasi

Melly-Iik nantinya akan mewujudkan keberadaan virtual office di Kabupaten Bekasi dan akan memberlakukan kemudahan izin bagi kantor virtual untuk mendukung perkembangan bisnis dan usaha, baik yang bersifat UMKM maupun start-up yaang memiliki SIUP. Hal ini mempermudah para pengusaha dalam menjalankan ide bisnisnya di kawasan Kabupaten Bekasi.[]